Waktu Produktif

Jadi inget nasehat ketika muhasabah-muhasabah waktu jaman sekolah dulu..

Waktu adalah hal yang sangat berharga yang Alloh kasih buat kita..

Waktu adalah kesempatan yang Alloh berikan untuk senantiasa memperbaiki diri ke arah yang lebih baik lagi, beribadah, dan tentu saja mengaktualisasikan diri agar kita dapat berkarya sehingga karya kita dapat bermanfaat dunia akhirat..

Dalam pemanfaatan wakt,u orang-orang beda-beda tuh caranya:

Tipe satu adalah tipe yang waktu 24 jam tuh gak kerasa sama sekali kerjaannya tiduuur terus, maen game terus, atau nonton tv terus.. jadinya waktu 24 jam jadi gak kerasa sama sekali deeh tiba-tiba udah lewat ajaa.. yang kayak gini sih dibilangnya ngurus diri sendiri aja dia mah belum becus!

Sedangkan tipe dua waktu 24 jam dia bisa menyelamatkan banyak nyawa, bisa mengajarkan banyak nilai-nilai kehidupan dan moralitas pada orang lain, bahkan dalam waktu 24 jam dia bisa nemuin penemuan-penemuan hebat yang sangat bermanfaat untuk dunia ini (penemuan HP, laptop, pesawat gak akan ada tanpa org bertipe 2)

So, pasti PENGENNYA kita masuk ke tipe 2 kan dimana pada setiap harinya dia selalu memberikan manfaat pada orag lain..

tapiiiii.. kemalasan pasti selalu datang.. setan dalam diri kita seringnya sih menang sehingga akhirnya kita jadi orang yang tipe satu. Orang yang tiba2 ngerasa loh ko udah jam segini lagi atau waw gak kerasa yaaah udah ganti hari tanpa dia menghasilkan sesuatu yang bermanfaat..

Coba kita tengok ke belakang bandingkan banyakan mana sih waktu yang kebuang buat hal yang gak berguna dibandingkan dengan waktu yang kita manfaatkan sebaik-baiknya untuk jadi produktif dan menghasilkan karya yang manfaat dunia akhirat..

Innalillahi ternyata banyakan berleha-lehanyaa…

Nah kalo udah sadar mari bersyukur dulu karena Alloh masih ngasih kesempatan kita hidup.. Jadi belum terlambat buat berubah kaaan??

Yuk aaaah produktif lagiiiiiiiii!!!

Bismillah FIGHTING!!

(renungan di saat tesis belum disentuh satu halaman pun)

Iklan

LAKI-LAKI ITU..

Boleh yah sy curhat di sini..

setelah kurang lebih 3 tahun 4 bulan kuliah di tempat penuh laki-laki..

makin bisa sy ngerti kayak gmn c laki2 itu.. yang mungkin kadang bikin sy membuat dirisy juga harus adaptasi dan jadinya sifatnya sama kayak mereka.. hahaha

pertama

cuek! kalo ngomong ga pernah disaring.. kalopun iyah nyakitin dia ga peduli,, jd kalo kita ngomong yang nyakitin kemereka mereka bisa maafin juga lupa dalam satu detik mungkin! hahaha

kedua

baik kalo ada maunya! sesuatu yang ga bermanfaat kadang ga ngebuat mereka tertarik buat ngeladeninjadi kalo mau minta tolong harus ada umpan baliknya buat mereka.. ga kayak cewe bertindak karena kasian,, tapi kalo mereka bertindak karena manfaat!

ketiga

melakukan sesuatu yang mungkin jelek tapi asal diterima ama komunitas yah dijabanin! salah satu halnya ngeroko,, kebanyakan sy tanyain c alasan ngeroko kalo waktu kumpul2 lebih diterima katanyaa.. padahal apa coba manfaat dari ngerokok!

keempat

seneng ngebokep! hahaha.. siapa coba cowok yang ga pernah ngebokep atau mikirin hal jelek.. kayaknya ga ada..

kelima

kalo udah seneng ama sesuatu kadang lupa segalanya! kerja keras! inilah yg sy kagumi dari perbedaan cowo ma cewek!!kalo dia udah serius dan seneng dia lakukan sebaik2nya! bener2 maksimal.. dan bisa fokus ga tidur bahkan ga mandi berhari-hari pun bisaa! tapi kalo udh ga seneng dia cuekin dan tinggalin aja.. ckckckck.. tapi kalo cewe suka byk moodynya c..

keenam

kadang ga berani ngungkapin isi hatinya! kadang kalo mau ngomong dipikiriin bgt! dipendem atau bahkan diputer2 dulu.. ga kayak cewe yang nyerocos terserah dia terus ngomongnya banyak bgt!hahaha!

ketujuh

harga dirinya tinggi.. apalagi kalo kalahnya ama cewe.. kadang ga nerima..

okee, kayakny segitu dulu.. heuheu

maaf kalo ada yang baca terus tersinggung ini bener2 subjektif yang sy alami berdasarkan pengalaman saya kalo ada yang mau nyanggah pun mangga! hehehe,,, enjoy fren! 🙂

relativitas

sebenernya,, paling benci sy ama kata ini..

td barusan abis UTS 2 fisika.. ga ngerti relativitas awalnya,, asalnya kalo ntar soal relativitas keluar mau di skip aja.. haha.. tp tiba2  2 jm sebelum ujian,, ada org pinter lewat.. langsung sy tanyain dah tentang relativitas…jd rada ngerti deh.. haha,, dr situ. kepikiran deh tulisan ini..

kita materi fisika dulu bentar.. kalo ada pesawat A dan B bergerak searah.. menurut pengamat di bumi, A bergerak dengan kecepatan 0.6c dan B bergerak dengan kecepatan o.5c tapi,, menurut B, A bergerak dengan kecepatan relatif sebesar ((Va-Vb)/(1-(VaVb/c2))..wew.. apa nii.. eiits,, tenang, jgn pusing dulu.. kita bukan ngebahas rumus ini ko.. cuman bakal ngebahas ada apa di balik relativitas ini semua…

bisa diliat,, kecepatan A, kecepatan B menurut bumi, menurut B, dan menurut A itu beda2… padahal kita lg ninjau benda yg sama..

naah,, ini terjadi di alam lho teman2.. kalo sy liat si,, ini tuh berlaku buat kehidupan kita sehari-hari juga.. semuanya relatif.. pandangan satu orang dan yang lainnya akan berbeda terhadap satu permasalahan yang sama.. jadi pada kehidupan kita,, akan rentan sekali dengan perbedaan.. semua orang pasti menganggap dirinya dengan benar,, karena pandangan dia itu,, adalah kerangka acuan yg berbeda dengan kerangka acuan orang lain..

makanya, bakal sering tuh yang namanya adu argumen, gontok2an gara2 beda pendapat.. tawuran.. bahkan bunuh2an hanya karena beda sudut pandang terhadap suatu permaslahan yang sama.. wew.. serem bgt kalo udh nyangkut soal bunuh-membunuh yah..

tuh kan,, masalah sederhana tuh bisa jadi gede.. nah, disinilah gunanya akal, pikiran, dan hati manusia.. buat meminimalisir perbedaan yang ditimbulkan oleh efek relativitas.. Alloh nyiptain otak dan hati itu buat ngebedain manusia dengan makhluk-makhluk Alloh yang lain.. kan kalo binatang mah,, gampang bgt lah ngilangin nyawa binatang yang lainnya.. naah, kalo manusia, dituntut untuk toleransi,, dituntut untuk menggunakan akal dan hati yang udah Alloh kasi..

digimanain yah hati dan akalnya? naah,, fungsinya hati dan akal itu adalah untuk ngebedain mana pandangan yang baik, mana pandangan yang buruk.. yang pasti yah,, ilmu mah bisa di dapet dari sapa aja.. jadi kita accept dulu pemikiran2 itu.. pemikiran2 yg beda2 itu,, jgn langsung mematahkan argumen orang.. baru setelah di accept,, kita pake akal dan hati kita,, buat memilah,, mana pandangan yang bener dan sesuai mana yang nggaa.. sehingga kita akan menjadi orang yang lebih bijak dan mampu menjadi orang yang tak berpikiran sempit.. mampu berpikir dari sudut manapun sehingga tidak berat sebelah..

wow.. menguntungkan sekali bukan?? 🙂

namanya juga manusia…

namanya juga manusia…

kadang kalimat ini menjadi pembelaan buat semua orang..

ketika mulai males buat ibadah..

ketika mulai berbuat maksiat kecil sampai besar..

ketika mulai melakukan perbuatan dosa ataupun lupa ma Alloh…

alesannya:

sy kan manusia,, kadang khilaf..

Alloh kan Maha Pemaaf…

serasa kita yang punya surga ma neraka..

serasa kita bisa ngebeli maaf Alloh hanya dengan tobat sambel kita..

karena kita dimaafin ama Alloh hanya kalau: kita ga ngelakuin dosa itu lagi,, bertobat dengan sesungguhnya tobat,, berusaha untuk memperbaiki kesalahan kita dengan banyak berbuat baik..

kadang kita idup dengan segala keangkuhan kita..

kita gantenglah.. kita cantiklah..

sy pinter lah.. sy kaya lah.. sy hebat..

padahal apa coba artinya kita di mata Alloh??

ah,, hanya titik yang ga keliatan..

bandingin diri kita ma alam semesta ini..

hanya titik kawan!! titik!! titik yang sama sekali ga keliatan..

otak, badan, mulut,tangan, kaki, mata, semuanya hanyalah barang pinjeman..

yang kita pinjem dari Alloh..

tapi kadang kita seenaknya aja make barang pinjeman ini melakukan yang Alloh ga suka..

ngelakuin yang ga Alloh ridhoi..

innalillahi..

Alloh ridho ga yah barang yang kita pinjem itu,, kita pake seenaknya dengan ga mikirin perasaan yang dipinjeminya..

Alloh udah ngasi Al-Qur’an sebagai petunjuk pemakaian barang yang Alloh pinjemin..

tapi,, untuk baca satu ayat sehariii aja.. ko susah buanget yah..

gmn kita mau make bner ni barang pinjeman??

jangan sampe Alloh murka karna kita ga amanah dengan yang Alloh pinjemin..

makanya kawan..

mari kita sadari lagi,, kita ga ada apa2nya di mata Alloh..

jangan sampai kita berjalan angkuh di muka bumi ini…

naudzubillah..

karena manusia itu lemah di hadapan Alloh,, gampang banget Alloh kalo mau ngambil semua kenikmatan yang kita punya sekarang.. tinggal ambil aja.. kita ga bisa protes,, da ini mah milik Alloh..

kalo pengen Alloh sayang,, pengen ma Alloh makin ditambahin nikmatya..

kita kembali ke petunjuk yang Alloh kasi itu.. baca sehari se ayat aja.. kita pahami itu, kita amalkan itu, dan kita kasih tau temen kita tentang itu..

insya Alloh hidup kita akan lebih bermakna dan lebih indah..

karena Alloh ridho dengan setiap gerak langkah kita.. ^^

nyo.. jangan males sholat lagi,, jangan males baca Al-qur’an lagi,, jangan males deh ngelakuin semua ibadah2 sunnah yang Alloh senengin..

karena nantinya Alloh juga ga akan males buat ngabulin do’a2 kita.. ga akan males buat nambahin rizki kita lagi..

karena Alloh seneng dengan kita..

ya Ga?? ^^

SEMESTER BARU, SEMANGAT BARU

Siang itu, seorang mahasiswa ITB yang ber-IP bagus (untuk selanjutnya kita panggil saja Agus, biar pendekan gitu..) sedang berjalan-jalan di sekitar Salman.

Lalu, ada yang memanggilnya, “Gus! kemana aja lo?? Eh, IP lo berapa, cuy?? Pasti bagus..”, kata Cecep yang adalah seorang mahasiswa ITB yang ber-IP bagus juga.

“Ah… IP lo juga bagus.”, sambung Agus.

Kontan, 2 orang yang sedang duduk bersama Cecep, yakni Dadang dan Asep, merasa minder. “Wah!! Ini bukan obrolan kita, Dang!”, kata Asep.

*Asep dan Dadang merupakan penganut aliran PMDK (Persatuan Mahasiswa Dua Koma) dan Nasakom (Nasib Satu Koma).

Inilah ilustrasi kejadian nyata dari mahasiswa TPB FTMD 2008. IP, adalah gambaran konkret dari cara belajar kita dalam 1 semester ini. Untuk mahasiwa ber-IP bagus (sebut saja A dan R, tau kan siapa??^o^), akan sedikit merasa aman untuk melanjutkan studi di semester 2.

Sebaliknya, kalo kita dapet IP yang kecil, kita akan merasa was-was, bisa masuk pilihan 1 nggak ya?? (Red. MS hehe). Karena, banyak banget yang mau masuk pilihan 1 ini…

DAG DIG DUG DUEEERRRR DAIA!!!!!

Mungkin itu yang ada dalam hati orang2 penganut PMDK dan Nasakom. Jantung mereka berdebar menunggu semester 2 yang notabene 19 sks (lebih berat dari semester satu… Mana ada statika struktur lagi!! Haduh!!).

Naaaah..kita punya solusi untuk mengatasi permasalahan yang membelenggu 53% anak2 FTMD ini…

Pertama-tama, mari kita telaah… Apa aja si yang membuat IP kita jeblok:

  1. mahasiswa perantauan

Kampuang nan jauh di mato

……

Induk ayah adiak sadonyo

Raso mangimbau ngimbau den pulang,

den takana jo kampuang

Nha ini nih..mahasiswa FTMD, didominasi oleh anak2 nonBandung. Non Bandung= jauh dari Keluarga, sehingga kadang timbul rasa ingin pulang yang seringkali membuat kita tidak fokus pada perkuliahan.

  1. pola belajar

apa aja si aktivitas kita dalam 24 jam?

10 jam tidur.

3 jam ISHOMA.

5 jam nongkrong di sekre, mall, parkiran, salman.

6 jam ngegame, nggosip, pacaran.

belajarnya kapan doong?????

  1. ga punya kelompok belajar

kuliah di ITB, bakalan terasa susah dan berdarah-darah, apabila kita belajar sendiri. lebih enak kalo kita belajar bareng temen karna kita bisa berdiskusi tentang pelajaran yang belum kita pahami atau yang kita pahami tapi pemahaman kita ternyata salah. hayoooo…gimana cobak?

sekarang, mari kita jawab!!

  1. Adaptasi.

Eh kita udah jadi mahasiswa lho…udah gede, harus bisa mandiri, harus tahan jauh dari orang tua. Lagian, kenapa sih harus ngerasa kesepian? ngerasa ga punya teman dan keluarga? kan kamu punya FTMD, dan FTMD adalah keluarga kamu yang baru. Jadi, baek2in tu temen2 di kanan, kiri, depan, belakang kamu. Supaya, kamu bisa ngerasa betah tinggal di Bandung, kuliah di ITB.

  1. Bikin pola hidup sehat.

bangun jam 4, sholat subuh trus lari2 keliling kompleks kos-kosan. trus jam 5.30, mandi, sarapan, beres2 kamar. jam 6.15 berangkat deh ke kampus. trus nyampe kampus jam 6.30 kan tuhh??? nah, gunakan waktu itu untuk blajar materi kuliah yang akan disampaikan, kalo ngga yaaa…nyalin pe-er, gosipin si dosen, ato tidur lagi (Astaghfirullah…redaksi redaksi…).

Yah, intinya.. kurangi waktu berleha-lehamu. Gunakan untuk belajar n me-review pelajaran2 yang kamu dapat di hari itu. Dijamin, dengan pola hidup baru yang lebih teratur, kamu bisa mencapai prestasi maksimal di kancah FTMD.

  1. Bikin kelompok belajar.

apa manfaat punya kelompok belajar??

l ada temen2 yang bisa menarik kamu dari jurang kemalasan. berkumpul dengan anak-anak rajin, secara ga langsung akan mengubah kamu jadi orang yang rajin juga.

l ada yang bisa ngajarin kalo kita ga tau, dan ngebenerin kalo kita itu salah. nah, kalo gini kan, dijamin pengetahuan kita ga setengah-setengah tentang suatu materi kuliah.

belum punya kelompok belajar?? cepet bikin dari sekarang!!

ga punya kelompok belajar yang cocok?? IMAM FTMD 08 bersedia ngajarin kok, kalo tiap jum’at abis Statur…tutor bersama Teh Nina gituh..wkwk.

4. Ibadah, Do’a, Banyak sedekah, Syukur, dan sabar.

tau gak, kalo sebenernya, kita diciptakan oleh Allah tiada lain untuk menyembahNya. seperti firman Allah dalam QS. Adz Dzariyat: 56, “Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepadaKu.”. jadi, perbanyaklah ibadah, rajin sholat 5 waktu, sering bangun untuk sholat malem.

trus, kamu tau ga, ada satu rahasia lagi… kalo kita ingin dimudahkan oleh Allah, maka kita harus mempermudah hidup orang lain, salah satu caranya ya lewat sedekah.

5. Usaha maksimal

“Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum, sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri.” (QS. Ar Ra’du:11)

Allah tidak akan mengubah IP seorang mahasiswa apabila mahasiswa itu ga berusaha untuk mengubah IP-nya sendiri. Jadi, kesimpulannya, kita harus berusaha secara maksimal. kalo ngerasa usaha kita udah maksimal, berarti kesalahan ada pada diri kita, kita mendefinisikan maksimal itu seperti apa, berarti standar maksimal kita itu masi kurang. Jangan terlalu lemah untuk mendisiplinkan diri kita sendiri.

Insya Allah, kalo kelima poin ini kamu lakukan, kamu bisa mendapat IP yang lebih baik pada semester berikutnya.

Fight! Yeah! Jia You (chayo)!!!

Solidarity Forever!!!

Ga lulus TPB satu orang, ga lulus..eh ga mau ah!! hehe Insya Allah kita lulus semua. Amien. Allahu Akbar!!!

NB:

tulisan ini, sy buat berempat bersama temen2 sy diantaranya: Lia Laila, Tika Ayu Nastiti, Fathiya Ikrimah

di suatu sore seteah rapat IMAM.. dan kami ditugaskan untuk membuat artikel untuk buletin IMAM perdana!!

yeah… hehehe…

moga bermanfaat! ^^

agenda libur

libur sekarang rasanya akan sedikit berbeda..

karena ketika sy libur,, org2 malah ga libur.. ckckck…

akhirnya sy memutuskan untuk nge list apa2 yg akan dilakukan dlm liburan ini..

karena kebanyakan liburan kalo ga diagendakan malah ga produktif.. ckckck..(pengalaman pribadi)

jadi yang akan sy lakukan buat liburan kali ini:

1. perapihan ROHANI (mau bikin buku pembinaan adik2, perapihan pengurus, ma acara2 rohani)

2. perapihan ITSAR akhwat (masih belum jelas euy,, anggota2 nya punya kesibukan masing2)

3. belajar bikin web (baru beli bukunya soalnya,, hehehe)

4. ngebenahin laptop (udh penuh memorina,, udh suka hang,, mau bebenah ahh)

5. proyek ITB (ga tau nih si kang yahdi,, katanya ngasilin duit,, kita lihat aja lah)

6. belajar beberes rumah (bakal sering di rumah,, harus punya manfaat buat rumah.. hehe)

7. kealumnian DIFA RALI (kayaknya bakal banyak rapat)

8. ngafalin Qur’an (ini nih target UTAMA!)

9. ngebenahin ruhiyah (yg terakhir dan yang paling penting!)

baru segini aja yang kepikiran..

Fiuhh.. banyak juga yah kalo udh di list…
moga kelaksana..

Ya Alloh permudah.. sy ga mau hidup ini sia2..

apa jadinya kalo agenda2 ini tak terlaksana..

YOSH!! fIGHT!!

Karakter… Bukan tiba2 ada..

pernah ngerasa ga.. ketika kita berbuat salah.. kadang kita menyalahkan karakter kita sebagai alasan..

misalnya,, ih ko nina gitu,, harusnya kan dalam islam ga boleh gitu, terus,, kita jawab.. ih da saya mah emang gini,, mau gimana lagi coba.. ini kan udah jadi karakter saya.. kadang karakter dijadikan pembenaran dari kesalahan2 kita agar orang lain menjadi maklum..

Padahal,, kita lah yang membangun karakter kita.. kita lah yang membuat karakter kita,, karena pada dasarnya karakter itu berasal dari pengaruh diri kita ataupun lingkungan kita yang menyebabkan timbulnya gagasan2, lalu dari gagasan2 itu timbul pemikiran2 tentang bagaimana gagasan itu (gambaran), setelah itu,, akan muncul tekad,, kebiasaan,, sampai akhirnya terciptalah karakter diri kita.. yang kerap kali tidak sesuai dengan etika seorang muslim seharusnya.. karena sudah kita benarkan dan sudah kita proses dalam waktu yang lama,, sehingga kita tidak menyadari,, kitalah yang menimbulkan karakter ini.. kitalah yang menciptakan karakter ini..

acapkali,, kita merasa sulit untuk berubah.. ya ga??

berat sekali untuk berubah ke arah yang lebih baik.. padahal Rasul memberitahu kita bahwa orang yang sama dari hari kemarin akan merugi,, dan yang lebih buruk dari hari kemarin akan celaka..

dan seringnya,, kita sama dari hari kemarin bahkan sering jga kita lebih buruk dari kemaren.. wuih… berarti,, kita terus2an jadi orang merugi ataupun celaka dong…

Nah, gimana atuh caranya biar jadi orang yang beruntung??

kita mulai sedikit2 ubah karakter kita.. kita mulai cari ilmu sebanyak2nya tentang bagaimana caranya karakter seorang muslim itu seharusnya,, dengan sering datang ke kajian ilmu atau hadits,, yang tentunya berlandaskan al-quran.. disini kita akan mencari gagasan2 sebanyak mungkin untuk kita masukan ke pikiran dan hati kita.. setelah itu,, jangan cuman ikut,, dicatat juga,, lalu dipelajari di rumah.. setelah itu,, kita mulai bertekad untuk sedikit2 menerapkan ilmu2 yang kita dapat.. sedikit2 aja,, dan harus dibiasain.. lama kelamaan,, hal itu akan jadi karakter baru kita..

mau kan punya karakter diri yang sesuai dengan islam??

mana ada sih yang ga mau,, sekarang tinggal,, gimana cara kita memulainya..

ayo kita mulai kawan!! detik ini juga.. karena hidup ini tak akan berarti tanpa perubahan!!

Ready to change!

Fight!

Allohu akbar!! ^0^/