Sedikit reuni waktu promosi ‘nyalon’ jadi Kahim HMM

apa kabar wordpress!

hampir dua tahun saya gak nulis lagi.. kangennyaaaaaaaaa….

sedikit intro sekarang saya udah lulus dan menyandang gelar S.T dan lagi menempuh S-2 fast-track di jurusan yang sama.. banyak pengalaman dan cerita menarik hingga saat ini sambil cari-cari inspirasi tesis izinkan saya buat kumpulin puing-puing cerita dan hikmah yang udah saya lewatkan selama ini..

cerita pertama mengenai cerita-cerita waktu dulu nyalon jadi kahim mesin.. walaupun gak jadi kahimnya.. tapi minimal menang di calon pertama kahim mesin yang cewek.. hihi

Image

Ada beberapa artikel promosi waktu dulu.. biar gak hilang ditelan zaman post di sini aja kali yaah..

artikel pertama:

mengenai visi misi dan proker yang saya pikirin bersama teman-teman promotor dan tim sukses sampe bergadang jungkir balik dan perjuangan-perjuangan lainnya:

#2 Vote Nina for Princess

MIMPI

1.Membangkitkan minat terhadap keprofesian

2. Inklusif dalam intra kampus (kolaborasi)

3. Keakraban antar anggota himpunan untuk menghilangkan budaya sungkan

4. Himpunan yang nyaman

5. Mengadakan acara-acara di saat semua angkatan yang aktif di HMM berkumpul

6. Informasi tentang acara himpunan atau lomba tersampaikan ke seluruh anggota himpunan

7. Menumbuhkan karakter PEKA

8. Prestasi himpunan meningkat

9. Keprofesian dan pengabdian masyarakat yang sinergsis

Mengenal lebih dekat..

“Perempuan lebih rendah dan tidak mampu dibandingkan laki-laki”, statement inilah yang seringkali muncul di dunia ini. Statement in tentu akan tersanggahkan ketika melihat mahasiswi kelahiran 5 Juli 1990 di kota Bandung ini telah menunjukkan pretasi yang gemilang di dalam lingkup pekerjaan pria maupun wanita. Mahasiswi jurusan teknik mesin ITB telah menjadi wanita yang berhasil di bidang akademik maupun organisasi. Partisipasi aktif dalam organisasi seperti HMM dan HRD telah “mengikis” karakternya sehingga mahasiswi terlihat luar biasa. Hal yang terpenting dari mahasiswi ini adalah keinginan utnuk belajar dan belajar, hal ini yang tentu terlihat berbeda dengan yang lain. Aktif dalam kegiatan organisasi bukanlah hambatan bagi dirinya untuk berprestasi di bidang akademik, buktinya mahasiswi ini dapat mempertahankan GPA 3,48 (on 4,00 scale). Di tengah prestasi-prestasi yang gemilang, mahasiswi ini tidak lupa untuk beribadah dan bergantung pada Sang Pencipta. Ia mendedikasikan hidupnya untuk mendidik dan membagikan arahan kepada adik-adik kelasnya. Kepanitiaan, organisasi, akademik menjadi modal utama mahasiswi ini untuk melangkah sebagai Ketua Himpunan HMM.- Author Unknown

VISI & MISI

VISI : HMM ITB yang harmonis dalam pengintegrasian semua elemen untuk peningkatan prestasi

MISI : 1. Menjadikan HMM sebagai wadah yang nyaman untuk berkegiatan dan berinteraksi

2. Meningkatkan koordinasi, sinergi, dan sarana informasi setiap divisi di HMM

3. Memfasilitasi dan mengoptimalisasi anggota himpunan agar lebih mudah dalam       berkarta dan berprestasi

kalimat-kalimat ini mewakili mimpi-mimpi yang sempat saya perjuangkan..

di sinilah saya belajar di hearing oleh massa lebih dari 200 orang dari jam 7 malam sampai jam 4 pagi.. belajar untuk membagi waktu antara akademis dan ambisi saya untuk mencoba hal baru.. walaupun pada saat itu saya mengambil 22 sks yang dalam 3 bulan saya habiskan untuk mengkaji visi misi proker dan hearing setiap malamnya.. tapi Alhamdulillah akademis saya tidak terlalu mengecewakan.. sehingga sekarang saya masih bisa melanjutkan akademis saya untuk melanjutkan S-2..

Alhamdulillah syukur senantiasa terpanjatkan kepada Alloh yang memberi saya kesehatan, iman, kekuatan, dan kesempatan untuk selalu berusaha sebaik-baiknya untuk setiap tantangan-tantangan yang datang dalam hidup ini..

Terima kasih Ya Alloh..

Semoga saya bisa terus kuat dan survive menghadapi episode-episode hidup dari-Mu yang tentunya Engkau siapkan untukku agar aku menjadi hambaMu yang lebih baik lagi..

Iklan

ym an sama tuhan

tulisan ini bener2 nyerminin sy bgt lah sekarang….

futur

jauh dr keadaan sebelumnya

hidup bener2 di mesin doang,,

innalillahi, kayaknya susah bgt keluar dr kungkungan gdg mesin. padahal harusnya bisa..

td pas ol semua nanya,, kemana aja??

apan kaderisasinya beres??

bener tingkat 3 bisa aktif lagi??

tapi emang tingkat 2 sy vakum dr kegiatan2 sy biasanya,,

innalillahi,, harusnya sy ga kayak gt,, trus sy dapet tulisan ini..

baca deh,, moga bisa memberi semangat juga..

(oh iya,, untuk curhatan di atas,, kisahnya akan sy sampaikan d tulisan selanjutnya)

Aq lagi dalam kondisi setengah sadar dan gag begitu yakin ,
sebenarnya saat itu uda masuk waktu fajar atw masih larut malam ,
yang aq ingat , selepas Isya’ tadi , aq benar-benar lelah pikiran dan sempat frustasi sama apa yang aq alami pas ngejalanin rutinitas di siang hari sebelumnya .

“PONG!!!”

Aq lihat ke arah MacBook Pro q ,

Icon Yahoo! Messenger yang ada di dock loncat-loncat .
Aq pun membuka jendela Yahoo! Messenger q dan q dapati sesuatu yang menarik .
ada user berID-kan Tuhan online dan dia nge-Buzz aq !
hweee ~
terang aja aq kaget .

TUHAN :
Buzz!!!
Kamu memanggil Ku?

AQ :
Memanggil Mu ?
gag tuh . Ini siapa ya ?

TUHAN :
Ini TUHAN. Aku mendengar doamu. Jadi Aku ingin berbincang-bincang denganmu.

AQ :
Ya , aq memang sering berdoa , hanya agar aq merasa lebih baik .
Tapi sekarang aq lagi sibuk , sangat sibuk .

TUHAN :
Sedang sibuk apa? Semut juga sibuk.

AQ :
Gag tw ya .
Pokoknya aq lagi gag punya waktu luang sedikit pun .
Hidup jadi seperti diburu-buru .
setiap waktu uda jadi waktu sibuk .

TUHAN :
Aktifitas memberimu kesibukan.
Tapi Produktifitas memberimu hasil.
Aktifitas memakan waktu, Produktifitas membebaskan waktu.

AQ :
Aq ngerti itu . Tapi tetep aja aq gag bisa ngehindarin itu .
Sebenarnya sih , aq gag mengharapkan Tuhan ngajakin aq chatting kayak gini .

TUHAN :
Aku ingin memecahkan masalahmu dengan waktu, dengan memberimu beberapa petunjuk.
Di era internet ini, Aku ingin menggunakan medium lebih yg nyaman untukmu drpd mimpi, misalnya.

AQ :
Okk , Tuhan ! sekarang beritahu aq ! kenapa hidup ini jadi begitu rumit ?

TUHAN :
Berhentilah menganalisis hidup. Jalani saja. Analisismu-lah yang membuatnya jadi rumit.

AQ :
Klo gitu kenapa manusia gag perna ngerasa senang ?

TUHAN :
Hari ini adalah hari esok yang kamu khawatirkan kemarin.
Kamu merasa khawatir karena kamu terlalu banyak menganalisis.
Merasa khawatir menjadi kebiasaanmu.
Karena itulah kamu tidak pernah merasa senang.

AQ :
Tapi gimana mungkin aq gag khawatir klo ada begitu banyak ketidakpastian .

TUHAN :
Ketidakpastian itu tidak bisa dihindari.
Tapi kekhawatiran adalah sebuah pilihan.

AQ :
Tapi Tuhan , uda begitu banyak rasa sakit karena ketidakpastian .

TUHAN :
Rasa sakit tidak bisa dihindari,
sementara penderitaan adalah sebuah pilihan.

AQ :
Jika penderitaan itu pilihan , kenapa orang baik selalu menderita ?

TUHAN :
Berlian tidak dapat diasah tanpa gesekan.
Emas tidak dapat dimurnikan tanpa api.
Orang yang baik melewati rintangan, tanpa harus menderita.
Dengan pengalaman itu, hidup mereka menjadi lebih baik dan bukan sebaliknya.

AQ :
Maksudnya pengalaman pahit itu berguna ?

TUHAN :
Ya. Dari segala sisi, pengalaman adalah guru yang keras.
Guru Pengalaman memberi ujian dulu, baru pemahamannya.

AQ :
Tetapi , kenapa qta manusia harus melalui semua ujian itu ?
Kenapa qta manusia gag bisa hidup bebas dari masalah ?

TUHAN :
Masalah adalah Rintangan yang ditujukan untuk meningkatkan kekuatan mental.
Kekuatan dari dalam diri bisa keluar dari perjuangan dan rintangan, bukan dari berleha-leha.

AQ :
Sejujurnya di tengah segala persoalan ini , aq gag tahu kemana harus melangkah . 😦

TUHAN :
Jika kamu melihat keluar, maka kamu tidak akan tahu kemana kamu melangkah.
Lihatlah ke dalam.
Melihat keluar, kamu bermimpi. Melihat ke dalam, kamu terjaga.
Mata memberimu penglihatan. Hati memberimu arah.

AQ :
Kadang-kadang ketidakberhasilan bikin aq menderita . Apa yang bisa q lakukan?

TUHAN :
Keberhasilan adalah ukuran yang dibuat oleh orang lain.
Kepuasan adalah ukuran yang dibuat olehmu sendiri.
Mengetahui tujuan perjalanan akan terasa lebih memuaskan daripada mengetahui bahwa kau sedang berjalan.
Bekerjalah dengan kompas, biarkan orang lain bekejaran dengan waktu.

AQ :
Hmm , anyway , di dalam saat-saat sulit , gimana caranya supaya aq bisa tetap termotivasi ?

TUHAN :
Selalulah melihat sudah berapa jauh saya berjalan,
daripada masih berapa jauh saya harus berjalan.
Selalu hitung yang harus kau syukuri, jangan hitung apa yang tidak kau peroleh.

AQ :
Oia Tuhan , apa yang menarik dari manusia ?

TUHAN :
Jika menderita, mereka bertanya “Mengapa harus aku?”.
Jika mereka bahagia, tidak ada yang pernah bertanya “Mengapa harus aku?”.

إِنَّ الْإِنسَانَ خُلِقَ هَلُوعاً
Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir.

إِذَا مَسَّهُ الشَّرُّ جَزُوعاً
Apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah,

وَإِذَا مَسَّهُ الْخَيْرُ مَنُوعاً
dan apabila ia mendapat kebaikan ia amat kikir,

[ Al-Ma’arij : 19-21 ]

AQ :
Kadangkala aq bertanya , siapa aq , kenapa aq di sini ?

TUHAN :
Jangan mencari siapa kamu, tapi tentukanlah ingin menjadi apa kamu.
Berhentilah mencari mengapa saya di sini. Ciptakan tujuan itu.
Hidup bukanlah proses pencarian, tapi sebuah proses penciptaan.
Dan kau diciptakan untuk beribadah kepadaKu

AQ :
Trus gimana aq bisa dapetin yang terbaik dalam hidup ini ?

TUHAN :
Hadapilah masa lalumu tanpa penyesalan.
Peganglah saat ini Dengan keyakinan. Siapkan masa depan tanpa rasa takut.
Lakukan atas apa yang kamu yakini.

AQ :
Pertanyaan terakhir , Tuhan .
Seringkali aq ngerasa doa-doaku gag dijawab .

TUHAN :
Tidak ada doa yang tidak dijawab.
Hanya Seringkali jawabannya adalah TIDAK atau Belum saatnya !
Kamu hanya mengetahui apa yang yang kamu inginkan.
Tetapi Aku lebih mengetahui apa yang kamu butuhkan.

قَالَ رَبِّ إِنِّي وَهَنَ الْعَظْمُ مِنِّي وَاشْتَعَلَ الرَّأْسُ شَيْباً وَلَمْ أَكُن بِدُعَائِكَ رَبِّ شَقِيّاً

Ya Tuhanku, sesungguhnya tulangku telah lemah dan kepalaku telah ditumbuhi uban, dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada Engkau, ya Tuhanku.
[ Maryam : 4 ]

AQ :
Hmm ,
nice then ~
Okk deh .
Terima Kasih Tuhan atas chatting yang indah ini . :-h

TUHAN :
OK !. Teguhlah dalam iman, dan buanglah rasa takut.
Hidup adalah misteri untuk dipecahkan, bukan masalah untuk diselesaikan.
Kamu yang menetukan takdir dan jalanmu, Percayalah padaKu.

Hidup itu indah jika kamu tahu cara untuk hidup.

TUHAN has signed out.

.
.
.

aq pun terbangun .
pikiran q jadi segar sekali .
PLONG ! ~ :]

الحمد لله , istikhoroh semalam berbuah mimpi yang manis dan indah .
aq liat jam masih menunjukkan pukul 3 pagi , spontan saja q bergegas untuk mengambil air wudhu kembali . melanjutkan sholat malam . menunggu saatnya berjamaah Shubuh di masjid . dan kembali beraktivitas tuk raih rizki الله di bumi dan tak lupa selalu meniatkannya untuk beribadah kepadaNYA . :]

Jalan yang Anda pilih, sangat menentukan apa yang Anda temukan dalam perjalanan itu.
Pilihlah jalan yang di dalamnya terletak hadiah-hadiah bagi upaya-upaya baik Anda.
Maka beranikanlah diri Anda.
Tuhan adalah pemangku dari semua ragu dan takut di hati Anda.
Bertindaklah berani dalam ketakutan Anda.
Itulah iman.

(Mario Teguh)

Hidup memang hanya sekali, tapi kalau kamu tau bagaimana cara hidup yang benar, saya rasa sekali saja sudah cukup.

(Sean Covey)

7 Kunci menuju ketenangan hati :

1. Jangan tergantung pada orang lain. Tergantunglah pada Tuhanmu.

2. Jangan berburuk sangka orang lain akan membicarakan/menghinamu. (berpikirlah positif)

3. Jangan selalu mengingat penyesalan di masa lalu.

4. Jangan menyimpan kemarahan, dendam dan kebencian.

5. Jangan menyimpan rasa dengki, cemburu dan iri hati.

6. Jangan membiasakan sikap terburu buru. Maka dari itu manage-lah waktumu.

7. Jangan khawatir akan hari esok. Tuhan menjanjikan masa depan, dan harapan kita tidak akan pernah lenyap.

Ketuklah, maka pintu akan terbuka.
Ingatlah pada Nya, maka Ia akan mengingatmu.
Berdoalah, maka keluh kesahmu akan didengarkan.

(A’a GYM)

semua tokoh berikut aset-aset yang disebut di dalam note ini adalah fiktif belaka . gag usah dipikir . ambil hikmahnya aja . 😀

Referensi:

1. Sumber : http://www.facebook.com/photo.php?pid=30433137&id=1394233396#/note.php?note_id=186802106027&ref=mf

jujur…

kalo diliat sekilas.. kayaknya gampang bgt buat jujur..

ah cuman jujur doang..

gampang bgt gt loh!

mungkin itu yang ada di pikiran kita,, setiap ada org yang bilang ttg jujur..

soalnya itu yang ada di pikiran sy pertama.. pas td teteh mentor bilang bahwa akhlak seorang muslim itu yang pertama adalah JUJUR.. (wah itu kan gampang bgt.. kta sy dalam hati)

naah.. pas di selami lebih dalam..

ternyata jujur adalah satu hal yang sgt SULIT!!

apalagi di Indonesia,, yg dikenal sering memperbagus kata2 dalam perkataannya..

contoh simpel..

kalo kita udh beberapa kali nelefon temen kita dan ga diangkat2..

kita kadang ngomong gini..

“duh ko dia ga ngangkat2 yah,, udah sy telepon berratus2 kali..”

beratus2 kalinya itu loh,, emang bener gt ampe beratus2 kali.. kan engga,, itu yang kita sebut ALAY.. eh LEBAY.. hahah

dan masi byk kelebay2an kita yang berujung keberlebihan kita yang masih byk lg.. yg sgt sering tak kita sadari..

karena berlebihan itu ga baik loh.. dan orang Indonesia tuh kebanyakan berlebihan..

bahkan ada contoh yg lebih ekstrim,,

ada seorang yg lebih tua yang bertanya seperti ini kepada seseorang:

“nak, bagaimana kabarmu?”

nah,, langsung aja seseorang itu bertanya pada org yang lebih tua itu..

“memang kamu pernah melahirkan sy?

memang kamu pernah menyusui sy?

memang kamu pernah menafkahi sy?

ngapain kamu panggil2 sy nak?”

itu salah satu contoh ekstrimnya loh..

saking orang itu menjungjung tinggi kejujuran..

coba deh pikirin..

pasti ngerasa,, tuh dua contoh td ada benernya kan??

ga ada yg terlalu salah2 bgt..

contoh yang pertama bisa jadi lumrah dan qt ngerasa wajar,, karena kita terbiasa dgn keberlebihan itu..

keberlebihan yang ga sesuai ama fakta..

hal sepele yang bisa jd berabe di akhir..

karena kita ga biasa dengen kejujuran yang sepele itu..

padahal fitrahnya,, kita itu dilahirkan dengan sense kejujuran contoh kedua lhoo..

tapi,, karena udh biasa dengan sikap lumrah dan kita biasa ngeliat orang ngelakuin contoh yang pertama,, kita jd biasa dengan hal itu..

padahal..

itulah yang menjadi benih SEMUA kekacauan yang ada di negara Indonesia..

korupsi, mental kerja orang indonesia yg jelek, kualitas pendidikan yang turun drastis..

itu semua karena sense kejujuran kita telah meluntur.. bahkan hilang..

sehingga ketika kita melakukan sesuatu atau mengatakan sesuatu yang sudah tidak sesuai fakta… kita jadi terbiasa dan ga ngerasa bersalah sama sekali..

Phiuh..

bayangin kawan.. hanya karena kelebayan kita!!

ga nyangka kan efek nya akan seburuk itu??

para koruptor yang ga ngerasa bersalah uang rakyat yang begitu banyak tidak tersalurkan.. dan hanya memperkaya diri sendri.. mereka bergelimang harta,, sedangkan rakyat indonesia kebanyakan.. melarat… makan susah.. hanya makan makanan sampah..

mental kerja rakyat indonesia yang semakin turun.. yang ada di otaknya hanya giman caranya biar gajinya makin hari makin besar.. bukan apa yang bisa sy lakuin untuk memajukan perusahaan saya.. tapi yang ada di pikirannya itu gimana untuk memperbesar gaji sy tanpa sy harus bekerja keras..

kualitas pendidikan kita yang makin menurun.. bayangkan.. UAN!! hal yang seharusnya menjadi sebuah parameter kemajuan pendidikan Indonesia,, tapi dikotori oleh SEMUA unsur yang ada di dalamnya.. baik murid-muridnya, guru2nya, bahkan kepala sekolahnyaa.. tak ada rasa bersalah sedikitpun ketika berusaha meluluskan diri sendiri, murid-muridnya dengan cara KOTOR yang seharusnya tidak dilakukan..

semua rasa bersalah itu HILANG.. hilang entah kemana karena ego dan ketakutan manusia.. ego dan ketakutan kita akan dunia.. dunia yang tak ada artinya!

innalillahi.. astaghfirullah..

kemana ketakutan kita akan Alloh??

telahkah itu semua hilang hanya untuk kelegaan sesaat yang akan menjerumuskan kita ke nerakaNya??

padahal..

masih ada siklus kehidupan kita selanjutnya yang akan kita lalui..

dan itulah yang abadi!

itulah yang akan LEBIH berat lg..

tdk mau terus berada di jurang kenistaan ini kan kawan??

kuncinya cuman 1: mulailah untuk jujur!

karena Rasul tak pernah SEKALIPUN berbicara dusta.. beliau selalu jujur.. orang kafir pun yang memusuhi beliau.. untuk masalah kepercayaan.. pasti lebih pecaya pada Rasulullah dibanding saudaranya sendiri..

mungkin.. jujur itu berat.. ketika orang lain tidak jujur..

ketika kita jujur, orang lain tidak jujur tapi yang tidak jujur mendapat hasil yang lebih bagus.. sedang kita yang jujur dapet hasil yang jelek..

janganlah menyesal kawan dengan kejujuran kita..

karena semuanya pasti akan Alloh balas..

mungkin kesenangan atau kepuasan itu tidak dtg dengan cepat.. tp anggaplah kejujuran kita itu akan menjadi tabungan kita untuk mendapat kebahagiaan yang lebih BAHAGIA lg..

kejujuran seperti menanam padi..

pertamanya seperti rumput.. tidak indah..

akan banyak hama dan belalang yang akan mengganggu agar membuat padi itu tak tumbuh..

dan itu tergantung kita merawat untuk membuat padi itu kuat diganggu hama oleh belalang..

ketika padi itu telah survive,, maka kita akn mendapat kan bulir padi..

yang sgt berguna untuk kehidupan kita..

begitulah kejujuran.. berat awalnyaa tapi indah akhirnyaa.. 🙂

Waktuku Sayang, Waktuku Malang

Untuk mengetahui nilai satu tahun,

Tanyakan pada seorang siswa yang gagal dalam ujian kenaikannya

Untuk mengetahui nilai satu bulan,

Tanyakan pada seorang ibu yang melahirkan bayi prematur

Untuk mengetahui nilai satu minggu,

Tanyakan pada seorang editor majalah mingguan

Untuk mengetahui nilai satu hari,

Tanyakan pada seorang buruh harian yang punya enam anak untuk diberi makan

Untuk mengetahui nilai satu jam,

Tanyakan pada kekasih yang sedang menantikan waktu bertemu

Untuk mengetahui nilai satu menit,

Tanyakan pada seseorang yang ketinggalan kereta

Untuk mengetahui nilai satu detik,

Tanyakan pada seseorang yang selamat dari kecelakaan

Untuk mengetahui nilai satu mili detik,

Tanyakan pada seseorang yang memenangkan medali di olimpiade

Itulah waktu, yang begitu berharga untuk orang-orang tertentu. Buat kita juga kayaknya sekarang-sekarang mah waktu tuh berhargaa banget.. Yup! Karena minggu ini adalah minggu pertama UTS! Buat yang udah nyiapin dari dulu, sering merhatiin dosen, sering latihan soal, dan sering ngereview materi-materi hari itu ada malam hari, pasti ga akan terlalu khawatir. Minggu ini bisa jadi hanya minggu review. Tapi gimana nasibnya ama orang yang seperti saya? Yang jarang latihan soal, jarang review materi, dan kalo diterangin dosen pun ga terlalu ngerti. Pasti hari-hari pada minggu ini menjadi hari-hari yang begitu berharga.. ga akan mau deh malam-malam pada minggu ini hanya dilewatkan buat tidur, ngobrol, makan, chatting, fesbukan.. pasti lebih milih belajar tiap malem.. minggu ini akan dilewatkan dengan penuh pengorbanan dan perjuangan! (alah lebay.. haha)

Karena apa? Kenapa itu bisa terjadi? Karena pada minggu kemaren-kemaren kita lupa kalo kita bakal ujian, kalopun misalnya inget ya,, waktu itu kita santai-santai aja tau bakal ada ujian juga.. soalnya kita ngerasa waktu kita masi lama.. masi banyak waktuu (kata Krisdayanti mah, hehe).. kalo sekarang? Terasa banget yah waktu kita makin dikiiit aja. Hari-hari ujian kian dekat dan terasa makiin mencekik leher.. tapi hal yang kayak gini tuh ya sangat lazim (menjadi hal yang udah biasa) dirasakan orang banyak.. orang-orang jadi tobat (jadi bener) kalo udah kepepet. Bahkan sampai muncul buku best seller yang judulnya “The Power of Kepepet”. Manusia muncul powernya kalo udah kepepet.. ga manfaatin waktu-waktu sebelumnya,, yang dilalui dengan santai.. padahal imam hasan al-banna bilang gini.. “ketahuilah, kewajiban itu lebih banyak daripada waktu yang tersedia, maka bantulah saudaramu untuk menggunakan waktunya dengan sebaik-baiknya dan jika anda punya kepentingan atau tugas, selesaikanlah segera.”. karena orang yang menjadi penunda, menolong diri sendiri saja tidak mampu, apalagi menolong orang lain..

Ya, semua orang mungkin menyadari kalo punya tugas, ya harus diselesein dengan secepatnya,, semua orang juga dalam otaknya pasti berpikiran seperti itu.. tapi, setan terlalu kuat! Sehingga kesadaran itu kalah dengan kemalasan kita.. sehingga kita jadi orang-orang yang senang sekali menunda-nunda pekerjaan.. kita jadi orang yang sibuk pada akhir dan santay pada awalnya.. kita tidak menyadari waktu itu sangat berharga.. Mungkin kita belum sadar,, kalo kita mau jadi orang besar dan sukses kita tidak boleh seperti ini terus. Kita harus jadi orang yang BEDA! Jangan sama seperti orang kebanyakan yang mempunyai mental lemah sehingga teruus saja menunda-nunda. Jepang bisa sukses dan maju karena apa? Karena orang-orang di sana tidak punya kebiasaan menunda pekerjaan, selalu tepat waktu dan gesit. Padahal pada tahun kita merdeka,, mereka porak poranda di bom sekutu.. tapi lihatlah sekarang, kita tidak banyak perubahan, tapi mereka BANYAK sekali berubah.. berubah kearah yang jauuuh lebih baik dari kita.. nah loh? Ayo kita sadar bersama-sama kawan.. saatnya bangsa Indonesia maju. Saatnya kita berubah dari kebiasaan ini, dari keterpurukan ini. Tekadkan dalam hati teriakan dalam lisan. SAYA MAU BERUBAH! Saya mau kalahkan setan-setan laknat pembuai nafsu.. yang membuat saya jadi manusia penunda.. karena waktu kita tidak banyak.. karena waktu kita begitu berharga..karena waktu akan hilaaang..

Jadi inget lagunya OPIK :

Bila waktu tlah memanggil, teman sejati tinggalah amal..

Bila waktu tlah terhenti, teman sejati tinggalah sepi..

Mari kita optimalkan waktu kita sebaik-baiknya.. karena waktu hanya ada tiga. Waktu kemarin yang sudah bukan milik kita lagi,, esok hari yang belum kita punyai,, dan sekarang yang ada di tangan kita.. ayo kita pergunakan waktu sekarang yang kita punyai ini sebaik-baiknya, sebelum waktu itu hilang dan tak akan kembali lagi.. karena ketika itu terjadi kita hanya bisa MENYESAL.. jangan sampai!! Semangat raih masa depan dengan perubahan ini! Karena kita diakdirkan untuk jadi orang sukses!! AMIN! ^^/ ~hamasah~

SEMESTER BARU, SEMANGAT BARU

Siang itu, seorang mahasiswa ITB yang ber-IP bagus (untuk selanjutnya kita panggil saja Agus, biar pendekan gitu..) sedang berjalan-jalan di sekitar Salman.

Lalu, ada yang memanggilnya, “Gus! kemana aja lo?? Eh, IP lo berapa, cuy?? Pasti bagus..”, kata Cecep yang adalah seorang mahasiswa ITB yang ber-IP bagus juga.

“Ah… IP lo juga bagus.”, sambung Agus.

Kontan, 2 orang yang sedang duduk bersama Cecep, yakni Dadang dan Asep, merasa minder. “Wah!! Ini bukan obrolan kita, Dang!”, kata Asep.

*Asep dan Dadang merupakan penganut aliran PMDK (Persatuan Mahasiswa Dua Koma) dan Nasakom (Nasib Satu Koma).

Inilah ilustrasi kejadian nyata dari mahasiswa TPB FTMD 2008. IP, adalah gambaran konkret dari cara belajar kita dalam 1 semester ini. Untuk mahasiwa ber-IP bagus (sebut saja A dan R, tau kan siapa??^o^), akan sedikit merasa aman untuk melanjutkan studi di semester 2.

Sebaliknya, kalo kita dapet IP yang kecil, kita akan merasa was-was, bisa masuk pilihan 1 nggak ya?? (Red. MS hehe). Karena, banyak banget yang mau masuk pilihan 1 ini…

DAG DIG DUG DUEEERRRR DAIA!!!!!

Mungkin itu yang ada dalam hati orang2 penganut PMDK dan Nasakom. Jantung mereka berdebar menunggu semester 2 yang notabene 19 sks (lebih berat dari semester satu… Mana ada statika struktur lagi!! Haduh!!).

Naaaah..kita punya solusi untuk mengatasi permasalahan yang membelenggu 53% anak2 FTMD ini…

Pertama-tama, mari kita telaah… Apa aja si yang membuat IP kita jeblok:

  1. mahasiswa perantauan

Kampuang nan jauh di mato

……

Induk ayah adiak sadonyo

Raso mangimbau ngimbau den pulang,

den takana jo kampuang

Nha ini nih..mahasiswa FTMD, didominasi oleh anak2 nonBandung. Non Bandung= jauh dari Keluarga, sehingga kadang timbul rasa ingin pulang yang seringkali membuat kita tidak fokus pada perkuliahan.

  1. pola belajar

apa aja si aktivitas kita dalam 24 jam?

10 jam tidur.

3 jam ISHOMA.

5 jam nongkrong di sekre, mall, parkiran, salman.

6 jam ngegame, nggosip, pacaran.

belajarnya kapan doong?????

  1. ga punya kelompok belajar

kuliah di ITB, bakalan terasa susah dan berdarah-darah, apabila kita belajar sendiri. lebih enak kalo kita belajar bareng temen karna kita bisa berdiskusi tentang pelajaran yang belum kita pahami atau yang kita pahami tapi pemahaman kita ternyata salah. hayoooo…gimana cobak?

sekarang, mari kita jawab!!

  1. Adaptasi.

Eh kita udah jadi mahasiswa lho…udah gede, harus bisa mandiri, harus tahan jauh dari orang tua. Lagian, kenapa sih harus ngerasa kesepian? ngerasa ga punya teman dan keluarga? kan kamu punya FTMD, dan FTMD adalah keluarga kamu yang baru. Jadi, baek2in tu temen2 di kanan, kiri, depan, belakang kamu. Supaya, kamu bisa ngerasa betah tinggal di Bandung, kuliah di ITB.

  1. Bikin pola hidup sehat.

bangun jam 4, sholat subuh trus lari2 keliling kompleks kos-kosan. trus jam 5.30, mandi, sarapan, beres2 kamar. jam 6.15 berangkat deh ke kampus. trus nyampe kampus jam 6.30 kan tuhh??? nah, gunakan waktu itu untuk blajar materi kuliah yang akan disampaikan, kalo ngga yaaa…nyalin pe-er, gosipin si dosen, ato tidur lagi (Astaghfirullah…redaksi redaksi…).

Yah, intinya.. kurangi waktu berleha-lehamu. Gunakan untuk belajar n me-review pelajaran2 yang kamu dapat di hari itu. Dijamin, dengan pola hidup baru yang lebih teratur, kamu bisa mencapai prestasi maksimal di kancah FTMD.

  1. Bikin kelompok belajar.

apa manfaat punya kelompok belajar??

l ada temen2 yang bisa menarik kamu dari jurang kemalasan. berkumpul dengan anak-anak rajin, secara ga langsung akan mengubah kamu jadi orang yang rajin juga.

l ada yang bisa ngajarin kalo kita ga tau, dan ngebenerin kalo kita itu salah. nah, kalo gini kan, dijamin pengetahuan kita ga setengah-setengah tentang suatu materi kuliah.

belum punya kelompok belajar?? cepet bikin dari sekarang!!

ga punya kelompok belajar yang cocok?? IMAM FTMD 08 bersedia ngajarin kok, kalo tiap jum’at abis Statur…tutor bersama Teh Nina gituh..wkwk.

4. Ibadah, Do’a, Banyak sedekah, Syukur, dan sabar.

tau gak, kalo sebenernya, kita diciptakan oleh Allah tiada lain untuk menyembahNya. seperti firman Allah dalam QS. Adz Dzariyat: 56, “Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepadaKu.”. jadi, perbanyaklah ibadah, rajin sholat 5 waktu, sering bangun untuk sholat malem.

trus, kamu tau ga, ada satu rahasia lagi… kalo kita ingin dimudahkan oleh Allah, maka kita harus mempermudah hidup orang lain, salah satu caranya ya lewat sedekah.

5. Usaha maksimal

“Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum, sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri.” (QS. Ar Ra’du:11)

Allah tidak akan mengubah IP seorang mahasiswa apabila mahasiswa itu ga berusaha untuk mengubah IP-nya sendiri. Jadi, kesimpulannya, kita harus berusaha secara maksimal. kalo ngerasa usaha kita udah maksimal, berarti kesalahan ada pada diri kita, kita mendefinisikan maksimal itu seperti apa, berarti standar maksimal kita itu masi kurang. Jangan terlalu lemah untuk mendisiplinkan diri kita sendiri.

Insya Allah, kalo kelima poin ini kamu lakukan, kamu bisa mendapat IP yang lebih baik pada semester berikutnya.

Fight! Yeah! Jia You (chayo)!!!

Solidarity Forever!!!

Ga lulus TPB satu orang, ga lulus..eh ga mau ah!! hehe Insya Allah kita lulus semua. Amien. Allahu Akbar!!!

NB:

tulisan ini, sy buat berempat bersama temen2 sy diantaranya: Lia Laila, Tika Ayu Nastiti, Fathiya Ikrimah

di suatu sore seteah rapat IMAM.. dan kami ditugaskan untuk membuat artikel untuk buletin IMAM perdana!!

yeah… hehehe…

moga bermanfaat! ^^

Untukmu Palestina tercinta…

untukmu jiwa-jiwa kami

untukmu darah kami

untukmu jiwa dan darah kami

wahai al-aqso tercinta

kami akan berjuang

demi kebangkitan islam

kami rela berkorban

demi islam yang mulia..

untukmu palestina tercinta

kami penui panggilanmu

untukmu al aqso yang mulia

kami kan terus bersamamu…

Ya Robbi izinkanlah kami berjihad di PalestinaMu

Ya Alloh masukkanlah kami tercatat sebagai syuhadaMu..

tercatat sebagai syuhadaMu..

*dari lirik Shoutul harakah “palestina tercinta”

Mungkin ini yang sekarang orang2 islam pikirkan setelah melihat berita-berita saat ini..

betapa kejamnya israel membantai rakyat palestina..

saudara2 kita..

yang akhirnya merebak.. padahal udah dari lama saudara kita berada di bawah kekejaman israel..

Palestina yang dahulunya hidup sejahtera dan merdeka di tanahnya…

tapi,, selama 40 tahun ini,, mereka harus hidup di bawah ketakutan,, kedinginan,, dan kesepian..

rumah2 mereka hancur,, anggota keluarga hilang..

dibantai dengan kejam oeh israel terkutuk itu..

huhuhuhuhuhu..

holokos_gaza11

holokos_gaza41

mungkin itu sedikit gambaran yang dapat terekspos di media,, karena masih banyak gambar2 yang lebih parah..

hasil dari kekejaman yahudi yang tak tahu diri itu..

mereka akan terus dan terus mencari ide untuk merebut tanah palestina..

tanah merdeka milik orang islam yang diaku seenaknya oleh bangsa yahudi dan menamakan itu sebagai negaranya..

di peta-peta,, ga ada tuh namanya negara palestina,, semuanya namanya israel..

parah!!

kenapa?? karena yahudi menguasai banyak sekali perekonomian yang tidak kita sadari..

1. informasi (buktinya di peta2 yang ada negara israel,, bukan palestina)

2. ekonomi (tau ga kawan,, banyak BANGET produk yahudi yang beredar di DUNIA,, dan ketika kita membeli barang tersebut,, berarti kita menyumbang peluru untuk membunuh saudara2 kita.. TIDAKK!! dan produk2 itu tidak lepas dari kehidupan kita,, seperti produk unilever,, nestle,, coca cola company,, dan masih banyak lagi.. makanya kawan,, mulai sekarang coba kita hindari produk2 itu,, jangan sampai kita menjadi orang yang berkontribusi dalam menghancurkan negara kita sendiri,, merampas kebahagiaan saudara kita sendiri.. jangan sampai!! Naudzubillah!)

Dahulu,, orang2 palestina sama seperti orang indonesia,, orang2 mayoritas islam yang tidak terlalu taat,, tapi setelah mereka diserang mereka berubah!! menjadi orang2 yang dengan segenap jiwa berjihad di jalanNya mempertahankan negaranya dan harga dirinya yang tidak mau tanahnya diinjak-injak oleh orang2 yahudi laknat itu..

Kawan,, tau ga,, anak kecil di negeri palestina itu,, umur 5 tahun hampir semuanya sudah belajar menghafal Al-qur’an.. anak2 kecil itu hafalannya puluhan juz.. umur 5 tahun rata2 hafalannya 10 juz!! bayangkan kawan,, mereka hidup di bawah kekejaman israel,, hidup tiap hari mengumpulkan batu2 kecil untuk melawan raksasa israel yang menyerang mereka dengan tank.. tapi mereka dapat menghafalkan Qur’an!!

Subhanallah..

betapa malunya kita,, bayangkan,, kita yang dapat tidur tenang dengan nyenyak di kasur kesayangan kita setiap harinya hafalan Qur’annya bagaimana??

mungkin 1 juz juga belum.. baca qur’an juga jarang..

innalillahi..

apakah kita mesti diserang dulu agar keimanan kita bertambah seperti bangsa palestina??

ga mau kan??

makanya ayo kita sadar!! bercermin pada saudara kita itu.. malu kawan…

jangan lupa do’akan mereka dalam setiap do’a kita.. perbanyak tahajud kita.. karena bangsa Palestina adalah saudara kita juga..

tulisan ini sy tutup dengan lirik lagu dari Izzatul Islam yang berjudul “duka Palestina”

Palestina..

dukamu adalah duka kami semua

tangismu adalah tangis kami semua

ketika engkau terjamah dengan tangan serigala

ketika timah panas menghempaskan jiwa

kau coba menghalau duka

dengan asa tersisa

hanya air mata iringi do’a

Palestina terluka

Al-Aqso pun tak tersisa

tumpah darah bakar amarah

hancurkan para durjana

janji Alloh tlah pasti

terlaknat kaum Yahudi

kota suci para nabi

medan jihad abadi

batu2 intifadah

kan jadi saksi

hapuslah air matamu

duhai Al-Aqsa

kami tak akan pernah rela

engkau ternoda

kami pastikan membela

kau kan bebas merdeka

gema takbir intifadah

terus mengangkasa..

Do’aku untukmu Palestina!! SELALU!!

Allohu akbar!!

For my Parents..

mamah dan bapak adalah harta terbesarku..

aku tak akan seperti sekarang jika mereka tak ada..

Tiap minggu mereka mesti ke luar kota buat kerja lagi..

tiap bulan mesti ke luar pulau buat bekerja juga..

subhanallah.. Perjuangan yang berat tuk menghidupi ketiga orang anaknya..

saya malu, baru bisa minta doang..

belum bisa ngasih apa2..

sampai saat ini saya baru bisa memberi nilai2 saya,, yang akan kuperjuangkan agar bisa bagus.. nilai2 saya akan saya perjuangkan sebaik2nya, agar bisa sukses!!

karena, saya ga mau di hari tuanya, orang tua saya masih harus bekerja tuk anak2nya..

Tidak!!

tak akan kubiarkan..

akan kuwujudkan cita-cita mereka..

tinggal dengan damai di sebuah desa yang damai tanpa polusi kota.. sambil mengajar di sekolah gratis yang dibangun oleh mamah bapak saya untuk anak2 tak mampu.. yang tentunya sekolah itu tetap dengan kualitas yang setara dengan sekolah2 lainnya,, bahkan jika bisa lebih unggul dengan sistem penerapan akhlak yang bagus.. yang islami,, tapi tidak kampungan..

Yup itulah cita2 mereka berdua..

begitu mulia..

begitu indah..

semoga Alloh dapat mewujudkan impian mereka..

semoga saya dapat membantu pelaksanaan cita2 itu..

Amin..

Sekarang saya hanya dapat berdo’a untuk keduanya..

Allohumaghfirlii, waliwalidayya warhamhuma kama robbayani sughoro..

Ya Alloh semoga kedua orangtuaku ketika meninggal, meninggal dalam keadaan khusnul khotimah,, selalu dipermudah dalam segala urusannya..

semoga ketika di akhirat nanti,, kedua orang tuaku dapat masuk surga dengan lancar.. (tidak dituntut karena salah mendidik anak2 nya)

Jadikanlah aku dan kedua adik2ku anak2 yang sholeh,, agar kami semua dapat berkumpul kembali di surgaMu kelak.. dan tidak mempersulit hisab kedua orang tuaku.. Amin..

Mah, Pa..

Maafkan diriku yang masih sering menyusahkan..

masih sering mengecewakan..

masih sering membuat kalian sedih..

ku kan tetap berusaha membahagiakan kalian..

apapun yang terjadi…