Waktuku Sayang, Waktuku Malang

Untuk mengetahui nilai satu tahun,

Tanyakan pada seorang siswa yang gagal dalam ujian kenaikannya

Untuk mengetahui nilai satu bulan,

Tanyakan pada seorang ibu yang melahirkan bayi prematur

Untuk mengetahui nilai satu minggu,

Tanyakan pada seorang editor majalah mingguan

Untuk mengetahui nilai satu hari,

Tanyakan pada seorang buruh harian yang punya enam anak untuk diberi makan

Untuk mengetahui nilai satu jam,

Tanyakan pada kekasih yang sedang menantikan waktu bertemu

Untuk mengetahui nilai satu menit,

Tanyakan pada seseorang yang ketinggalan kereta

Untuk mengetahui nilai satu detik,

Tanyakan pada seseorang yang selamat dari kecelakaan

Untuk mengetahui nilai satu mili detik,

Tanyakan pada seseorang yang memenangkan medali di olimpiade

Itulah waktu, yang begitu berharga untuk orang-orang tertentu. Buat kita juga kayaknya sekarang-sekarang mah waktu tuh berhargaa banget.. Yup! Karena minggu ini adalah minggu pertama UTS! Buat yang udah nyiapin dari dulu, sering merhatiin dosen, sering latihan soal, dan sering ngereview materi-materi hari itu ada malam hari, pasti ga akan terlalu khawatir. Minggu ini bisa jadi hanya minggu review. Tapi gimana nasibnya ama orang yang seperti saya? Yang jarang latihan soal, jarang review materi, dan kalo diterangin dosen pun ga terlalu ngerti. Pasti hari-hari pada minggu ini menjadi hari-hari yang begitu berharga.. ga akan mau deh malam-malam pada minggu ini hanya dilewatkan buat tidur, ngobrol, makan, chatting, fesbukan.. pasti lebih milih belajar tiap malem.. minggu ini akan dilewatkan dengan penuh pengorbanan dan perjuangan! (alah lebay.. haha)

Karena apa? Kenapa itu bisa terjadi? Karena pada minggu kemaren-kemaren kita lupa kalo kita bakal ujian, kalopun misalnya inget ya,, waktu itu kita santai-santai aja tau bakal ada ujian juga.. soalnya kita ngerasa waktu kita masi lama.. masi banyak waktuu (kata Krisdayanti mah, hehe).. kalo sekarang? Terasa banget yah waktu kita makin dikiiit aja. Hari-hari ujian kian dekat dan terasa makiin mencekik leher.. tapi hal yang kayak gini tuh ya sangat lazim (menjadi hal yang udah biasa) dirasakan orang banyak.. orang-orang jadi tobat (jadi bener) kalo udah kepepet. Bahkan sampai muncul buku best seller yang judulnya “The Power of Kepepet”. Manusia muncul powernya kalo udah kepepet.. ga manfaatin waktu-waktu sebelumnya,, yang dilalui dengan santai.. padahal imam hasan al-banna bilang gini.. “ketahuilah, kewajiban itu lebih banyak daripada waktu yang tersedia, maka bantulah saudaramu untuk menggunakan waktunya dengan sebaik-baiknya dan jika anda punya kepentingan atau tugas, selesaikanlah segera.”. karena orang yang menjadi penunda, menolong diri sendiri saja tidak mampu, apalagi menolong orang lain..

Ya, semua orang mungkin menyadari kalo punya tugas, ya harus diselesein dengan secepatnya,, semua orang juga dalam otaknya pasti berpikiran seperti itu.. tapi, setan terlalu kuat! Sehingga kesadaran itu kalah dengan kemalasan kita.. sehingga kita jadi orang-orang yang senang sekali menunda-nunda pekerjaan.. kita jadi orang yang sibuk pada akhir dan santay pada awalnya.. kita tidak menyadari waktu itu sangat berharga.. Mungkin kita belum sadar,, kalo kita mau jadi orang besar dan sukses kita tidak boleh seperti ini terus. Kita harus jadi orang yang BEDA! Jangan sama seperti orang kebanyakan yang mempunyai mental lemah sehingga teruus saja menunda-nunda. Jepang bisa sukses dan maju karena apa? Karena orang-orang di sana tidak punya kebiasaan menunda pekerjaan, selalu tepat waktu dan gesit. Padahal pada tahun kita merdeka,, mereka porak poranda di bom sekutu.. tapi lihatlah sekarang, kita tidak banyak perubahan, tapi mereka BANYAK sekali berubah.. berubah kearah yang jauuuh lebih baik dari kita.. nah loh? Ayo kita sadar bersama-sama kawan.. saatnya bangsa Indonesia maju. Saatnya kita berubah dari kebiasaan ini, dari keterpurukan ini. Tekadkan dalam hati teriakan dalam lisan. SAYA MAU BERUBAH! Saya mau kalahkan setan-setan laknat pembuai nafsu.. yang membuat saya jadi manusia penunda.. karena waktu kita tidak banyak.. karena waktu kita begitu berharga..karena waktu akan hilaaang..

Jadi inget lagunya OPIK :

Bila waktu tlah memanggil, teman sejati tinggalah amal..

Bila waktu tlah terhenti, teman sejati tinggalah sepi..

Mari kita optimalkan waktu kita sebaik-baiknya.. karena waktu hanya ada tiga. Waktu kemarin yang sudah bukan milik kita lagi,, esok hari yang belum kita punyai,, dan sekarang yang ada di tangan kita.. ayo kita pergunakan waktu sekarang yang kita punyai ini sebaik-baiknya, sebelum waktu itu hilang dan tak akan kembali lagi.. karena ketika itu terjadi kita hanya bisa MENYESAL.. jangan sampai!! Semangat raih masa depan dengan perubahan ini! Karena kita diakdirkan untuk jadi orang sukses!! AMIN! ^^/ ~hamasah~

Iklan

6 Tanggapan

  1. untuk mengetahui waktu 1/3*10^8, tanyakan pada cahaya

    (bukan nama sinetron ya…)

    Orang pintar bisa dikalahkan oleh orang rajin, tapi orang rajin bisa dikalahkan oleh orang pintar yg rajin

    enaknya jadi orang pinter ya tinggal ngulang2 dikit materi lsg masuk…. tapi banyak orang pintar yg menyia-nyiakan waktu…

  2. iyaaa.. bner bgt! jgn ampe kita merugi di akhir.. mumpung masi ada waktuuuu… (nyanyi lg dah)

  3. Assalamualaikum.

    Salam Ukhuwah…

    Sebenarnya waktu yang kita lalui tidak lah ada yang rugi ataupun malang kalau kita bisa memanfaatkannya sebaik mungkin. seperti yang sudah dijelaskan diatas ini.

    Jadi kita tidak seharus menyalahkan waktu kita yang malang, tetapi kita lah yang tidak dapat memanfaat kan waktu kita dikala luang. Pada hakikatnya memang kalau kita menyalah kan waktu berati kita menyalahkan yang Maha menciptakan Waktu. Hal ini bisa kita renungkan dalam firman Allah yaitu surat Wal Ashr..

    Wassalamualaikum. Wr Wb

  4. wa’alaykumussalam.. iyah.. emang kitanya yang salah.. yang ga bisa manfaatin waktu.. salam ukhuwah jugaa.. ^^

  5. yup..
    nahhh, makanya jangan bolos mentoring lagi yaa..
    hehehe ^^v

  6. okeh…. amin!! diusahakan mi.. hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: